Senin, 08 Oktober 2012

Nostalgia Gembot





Ingatkah dan taukah anda dengan barang pada gambar di atas? 'Ingatkah' saya tujukan pada anda yg sebaya dan lebih berumur dari saya, sedang 'taukah' adalah bagi kalian yg terpaut usia relatif muda dengan saya, karena jika selisih usia kita 10-15 tahun lebih maka kemungkinan besar kalian tak mengenali gambar itu.
Gembot, begitulah saya dan teman teman dulu menyebutnya. Sebuah alat elektronik berbentuk pipih memanjang, dengan khas adanya lekukan cembung ke depan di tengahnya sebagai pemisah antara layar dan tombol. Kegunaan dari barang ini adalah sebagai alat permainan elektronik, permainan yg khas adalah puzzle yg sampai sekarang masih saja ada walaupun terbenam di gadget yg jauh lebih canggih, namun ada juga yg di dalamnya terdapat lebih dari satu permainan, tentunya dengan harga yg lebih mahal pula di bandingkan yg hanya menyajikan permainan puzzle saja.
Di zaman kekanakan saya yg hidup di kampung, jauh dari kemewahan serta hingar bingar zona game penyandang keturunan elit, tentu saja gembot menjadi sebuah alat permainan elektronik dengan level wah. Tidak semuanya bisa memikiki bahkan merasakakan permainannya. Dulu, di lingkup saya bergaul dan bermain, ada satu teman yg mempunyai alat ini, dan boleh dipakai oleh semua temannya, jadi bermainnya dengan cara bergilir, bisa dengan sistem per waktu, atau dengan sistem per game over. Sehingga walaupun sebentar saya pernah merasakan bermain 'noto boto', begitulah sebutan anak anak daerah saya dalam menamai permainan puzzle (noto boto = menata bata).
Saya pun juga tidak tau secara pasti, kenapa alat ini disebutnya gembot, apakah tulisannya memang demikian atau hanya sebatas pelafalannya saja. Karena pada masa itu saya pribadi belumlah mengenal internet lebih lebih mencari tau di google.
Untuk saat ini, masih adakah yg menjual dolanan seperti ini? Besar kemungkinanya tidak ada karena terlebur kemajuan teknologi. Saya tidak tau persis kapan permainan ini hilang dari peredaran, yg jelas lambat laun permainan ini semakin turun pamor seiring banyak bermunculannya HP dari berbagai produsen, yg mana selain fungsional utamanya setali tiga uang juga mampu membingkai permainan apik yg dulu ada di gembot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar